5 Makanan Penyebab Kanker

Kanker adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh faktor-faktor keturunan dan lingkungan. Kanker juga bukanlah sebuah penyakit yang tidak dapat dihindari. Karena terdapat bukti bahwa membatasi konsumsi beberapa makanan bisa mencegah atau menunda timbulnya kanker, terutama bagi mereka dengan sejarah keluarga yang memiliki kanker pencernaan.

Makanan Penyebab KankerPencetus kanker biasanya adalah makanan yang kaya akan gula buatan, karbohidrat olahan, pengawet dan produk sampingan dari hasil penggorengan (minyak jelantah). Makanan-makanan ini juga memiliki efek yang merugikan pada kesehatan secara umum, mempengaruhi sistem kardiovaskular, sistem syaraf dan sistem reproduksi. Makanan penyebab kanker ini juga dapat berkontribusi menimbulkan diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

Sayangnya, ada beberapa jenis makanan yang berbahaya penyebab kanker yang ternyata justru sering kita konsumsi dengan senang hati. Nah, apa saja makanan berbahaya penyebab kanker tersebut? Berikut 5 (lima) di antaranya :

Donat

Donat adalah gabungan dari tiga sifat utama makanan menyebabkan kanker : yaitu digoreng, mengandung kadar gula yang tinggi dan didasarkan pada karbohidrat yang dihaluskan (tepung yang dihiling). Kombinasi dari limbah proses penggorengan, bersama-sama dengan banyaknya jumlah gula dan tepung yang juga banyak, membuat donat sangat berbahaya untuk orang-orang yang berusaha mengurangi resiko kanker.

Minuman Manis

Sumber makanan yang tinggi gula buatan seperti minuman manis, soda dan berbagai jus dapat meningkatkan risiko kanker. Dalam sebuah penelitian yang dicantumkan dalam jurnal “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention (2010)” menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi minimal dua takaran soda per minggu memiliki kemungkinan 87 persen lebih tinggi menderita kanker pankreas dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengkonsumsi minuman ringan (yang mengandung gula buatan).

Penelitian lain menunjukkan adanya hubungan antara gula konsumsi dan kanker lambung dan usus. Walaupun gula itu sendiri tidak secara langsung merubah sel sehat menjadi sel kanker, akan tetapi gula buatan merupakan sumber “kesukaan” sel-sel kanker. Seiring waktu, asupan gula berat juga dapat meningkatkan output keseluruhan metabolisme sel, yang berarti meningkatnya jumlah sisa metabolisme yang bersifat oksidatif, yang merupakan pencetus kanker.

Kentang Goreng

Makanan yang digoreng meningkatkan risiko timbulnya kanker, terutama ketika makanan tersebut mengandung minyak yang terhidrogenasi, lemak jenuh, dan produk sampingan dari penggorengan yang disebut akrilamida. Akrilamida adalah zat penyebab tumor dan juga sejenis neurotoksin yang memiliki efek yang merugikan tidak hanya pada otak, tetapi pada sistem reproduksi juga. Makanan dengan kanduangan karbohidrat tinggi seperti kentang mudah menghasilkan akrilamida selama proses penggorengan. Ini membuat banyak produk hasil penggorengan kentang seperti kentang goreng dan keripik kentang berada dalam daftar utama makanan penyebab kanker.

 

Hot Dog

Daging yang diawetkan merupakan salah satu faktor pemicu risiko kanker perut dan lain penyakit lainnya pada sistem pencernaan. Dan akan menjadi lebih berbahaya ketika bahan-bahan seperti natrium nitrat (pengawet utama untuk hot dog) ditambahkan ke dalam campuran daging tersebut. Hot Dog dan daging yang diawetkan serta diasinkan perlu dihindari atau diminimalisir, untuk menghindari resiko terkena kanker lambung.

Daging Bakar

Anda suka makan sate? Steak? Barbeque? Berhati-hatilah.

Ketika tanaman atau hewan masalah dibakar, sejumlah zat beracundan bersifat mutagenik terbentuk. Banyak dari zat ini yang persis sama seperti yang dihasilkan dalam pembakaran tembakau (rokok) yang memiliki sifat beracun dan menimbulkan resiko kanker. Menurut National Cancer Institute, kanker usus besar, kanker lambung dan kanker sistem pencernaan lainnya berhubungan dengan tingginya asupan daging panggang atau daging bakar. Walau belum banyak penelitian tentang efek untuk makanan lain yang dibakar seperti roti panggang, efek yang sama mungkin saja terjadi.

Photo Credit : Wikipedia

Referensi Ilmiah : Soft Drink and Juice Consumption and Risk of Pancreatic Cancer: The Singapore Chinese Health StudyMinireview on the toxicity of dietary acrylamide

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang10 Kiat Menambah Tinggi Badan
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama Barang10 Cara Atasi Kulit Wajah Kusam dan Berminyak
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangMengkonsumsi Daging Ayam Setengah Matang
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangNyeri di Bawah Tulang Rusuk Kanan Bawah
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »