Makanan Pemicu Asam Urat

The following two tabs change content below.

Muslim Amanah

Konsultan Kesehatan at Ahli Herbal
Penggiat herbal dan kesehatan. Pengelola ahliherbal.com, toko obat herbal alami tradisional.

Latest posts by Muslim Amanah (see all)

Pada dasarnya asam urat berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan pada jaringan pembuluh darah. Asam urat terbentuk dari hasil penguraian purin, senyawa yang ditemukan di beberapa jenis makanan dan di dalam sel tubuh. Peningkatan kadar asam urat menyebabkan sejenis arthritis atau peradagang sendi yang disebut pirai. Proses peradangan dipicu oleh penumpukan kristal asam urat di jari-jari kaki dan tangan serta persendian lain. Selain proses peradangan, penumpukan kristal urat pada persendian memicu nyeri yang tajam. Peningkatan asam urat di dalam darah tidak dapat terlepas dari gangguan pada kesetimbangan produksi asam urat dan pembuangannya yang melibatkan ginjal.

Makanan Pemicu Asam Urat

Asam urat secara alami diproduksi oleh tubuh namun dapat pula ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti daging. menurut Larry Trivieri dan John W. Anderson di dalam bukunya “Alternative Medicine: The Definitive Guide,” gejala-gejala gout arthritis atau pirai dipicu oleh beberapa jenis makanan. Makanan pemicu tersebut di antaranya susu, telur, jagung, roti yang dibuat dengan menggunakan ragi, dan minuman beralkohol atau bersoda, gandum dan beberapa jenis sayuran seperti tomat, terung, lada, dan kentang. Secara umum makanan yang kaya protein juga kaya purin sehingga tingkat konsumsi sebaiknya dibatasi.

Daging

Konsentrasi asam urat yang tinggi dapat menyebkan peradangan. Makanan kaya purin seperti daging merah, daging unggas, dan ikan telah diketahui dapat meningkatkan produksi asam urat. Produk daging terutama “jeroan” seperti otak, ginjal, dan hati merupakan makanan kaya purin. Makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya protein dapat diperoleh dari sumber selain daging seperti sayuran dan kacang-kacangan. Batasi konsumsi daging harian menjadi 100 hingga 150 gram.

Ikan

Ikan merupakan makanan kaya purin sehingga konsumsinya juga harus dibatasi. Ikan salmon merupakan pengecualian karena banyak mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Ikan yang banyak mengandung purin termasuk diantaranya ikan teri, sarden, makarel, herring, kerang, udang, dan kepiting. Batasi konsumsi makanan-makanan tersebut untuk menghindari penumpukan asam urat di dalam darah.

Kacang-kacangan

Dibandingkan dengan sumber purin dari hewan, sumber purin dari tumbuhan sedikit lebih aman ditinjau dari peningkatan kadar asam urat di dalam darah. Hal ini karena sumber purin dari tumbuhan memiliki serat yang kemungkinan dapat menahan absorpsi purin di dalam saluran cerna. Makanan berserat terbukti dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Namun demikian, jika Anda menderita penyakit pirai, konsumsi sayuran kaya purin tetap harus dibatasi. Batasi konsumsi sayuran seperti bayam, asparagus, kol dan jamur karena kaya purin dan akan memperparah kondisi tersebut. Polong-polongan dan kacang-kacangan dapat dikonsumsi karena mengandung purin dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Polong-polongan dan kacang-kacangan yang rendah purin diantaranya kacang polong, lentil, kacang merah dan kedelai.

Alkohol

Alkohol merupakan pemicu timbulnya encok. Penderita kadar asam urat tinggi sebaiknya menghindari konsumsi minuman beralkohol. Alkohol menghambat pengeluaran asam urat oleh ginjal dan meningkatkan produksinya.

Referensi Artikel :