Makanan Pengusir Asam Urat

Asam urat merupakan senyawa buangan yang dihasilkan oleh tubuh dari penguraian purin. Purin secara alamiah berada dalam berbagai macam makanan. Menurut Mayoclinic.com, meskipun pada kadar normal asam urat aman bagi tubuh, peningkatan asam urat melebihi batas normal dapat memicu berbagai macam gangguan seperti batu ginjal, pirai, bahkan gagal ginjal. Pengaturan pola makan merupakan hal penting selain penanganan secara medis. Pengaturan pola makan memungkinkan untuk meningkatkan asupan makanan yang dapat menghambat kenaikan asam urat dan menurunkan porsi makanan yang meningkatkan asam urat.  Dengan demikian, asam urat dalam tubuh Anda diharapkan tetap berada pada kadar yang normal.

Produk susu rendah lemak

Produk olahan susu rendah lemak, termasuk susu dan yoghurt, dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda sehingga mampu menurunkan risiko terhadap pirai. Selain itu, susu skim atau susu rendah lemak sebagai suatu asupan cairan tubuh, juga dapat menigkatkan pengeluaran asam urat melalui urin. Mayoclinic.com menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 500 hingga 700 mL atau sekitar dua hingga empat gelar susu rendah lemak per hari.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, buncis, ataupun kedelai merupakan sumber protein nabati yang penting. Sama halnya dengan Ikan (termasuk kerang, udang, cumi-cumi) serta daging, kacang-kacangan juga memiliki kandungan purin, meskipun pada beberapa kacang-kacangan tidak lebih tinggi. Namun kandungan serat yang dimiliki oleh sumber protein nabati dapat mengurangi penyerapan purin dalam saluran cerna sehingga mampu membantu penurunan asam urat di dalam darah. Oleh karena itu, mengalihkan sumber protein hewani ke sumber protein nabati merupakan salah satu strategi yang dapat ditempuh. The National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse menyarankan untuk membatasi konsumsi daging tidak lebih dari  170 gram per hari jika seseorang memiliki risiko untuk mengalami batu ginjal akibat asam urat. Untuk meningkatkan selera makan terhadap makanan protein nabati, menu masakan dapat divariasikan menjadi sup, salad, atau bentuk yang lain.

Sereal utuh

Sereal utuh (whole grain) kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh termasuk di antaranya adalah serat serta berbagai macam vitamin seperti vitamin B dan vitamin E. Proses pengolahan terhadap biji-bijian utuh juga cenderung masih dapat mempertahankan kandung nutrisi yang dimiliki. Namun demikian, pengolahan sereal melalui proses fermentasi dapat meningkatkan kadar purin. Oleh karena itu, tidak heran jika makanan yang berasal dari sereal dan telah mengalami proses fermentasi dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Beras merah dapat dipilih sebagai sereal yang baik untuk mencegah kenaikan asam urat. Dibandingkan dengan beras putih, beras merah memiliki kadar gula dan indeks glikemik yang lebih rendah.

Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dibutuhkan untuk menangkal infeksi, serta radikal bebas yang menjadi penyebab beberapa gangguan kesehatan. Selain itu, buah dan sayuran juga memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Menurut Johns Hopkins Medicine, asupan makanan yang kaya akan buah ataupun sayuran- sekalipun mengandung purin yang tinggi seperti polong-polongan, bunga kol, dan bayam- tidak meningkatkan gejala pirai. Buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan seperti tomat, ceri, buah beri, paprika, dan labu dapat membantu menurunkan gejala batu ginjal. Kombinasi antara berbagai macam buah dan sayuran yang kaya serat, serta antioksidan secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Bagi Anda yang memiliki kadar asam urat yang tinggi, sebaiknya hindari sayuran kalengan karena memiliki kadar natrium yang tinggi dan berperan meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal.

Referensi Artikel

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPenyakit Asam Urat : Pantangan dan Anjurannya bagi Penderita
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPenyebab Asam Urat Tinggi
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangAsam Urat? Ini Pengobatannya!
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHindari Bahan Makanan yang Meningkatkan Resiko Penyakit Asam Urat
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »