Penyebab Dan Gejala Sakit Gigi

The following two tabs change content below.

Muslim Amanah

Konsultan Kesehatan at Ahli Herbal
Penggiat herbal dan kesehatan. Pengelola ahliherbal.com, toko obat herbal alami tradisional.

Sakit gigi dapat tiba-tiba mengubah suatu hari menjadi menyebalkan. Berbagai macam kondisi dapat terlibat dalam sakit gigi bergantung pada jenis rasa nyeri dan lokasinya. Rasa nyeri di gigi, gusi, atau rahang menandakan kondisis medis atau dental yang dapat semakin parah, oleh karena itu rasa sakit pada area ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

 Pembusukan dan Kerusakan Gigi

Salah satu penyebab sakit gigi yang paling umum adalah kerusakan enamel gigi. Lubang kecil pada gigi akan memicu pelebaran lubang atau penggerusan bagian dalam gigi. Keretakan pada gigi membuat saraf terpapar sehingga menyebabkan rasa nyeri yang hebat. Jika rasa sakit berasal dari satu gigi dan meningkat dengan adanya cairan manis, panas atau dingin ini menandakan kerusakan pada enamel sehingga harus segera menghubungi dokter gigi. Mengabaikan kerusakan gigi dapat menyebabkan terjadinya infeksi sehingga dapat menyebabkan kehilangan gigi atau komplikasi lain.

Abses

Jika bakteria masuk kebagian dalam gigi melalui retakan atau lubang maka akan timbul infeksi. Penderita abses gigi seringkali menggambarkan sakit gigi dengan rasa panas dan berdenyut-denyut dan dapat pula disertai dengan rasa pusing atau sensitif terhadap sentuhan pada area yang sakit. Jika abses tidak diobati, infeksi dapat menyebar ke seluruh gigi, gusi bahkan hingga ke rahang. Jika sakit gigi menyertai demam atau pembengkakan atau di area sekitar leher atau rahang segera konsultasikan dengan dokter gigi.

Tumbukan gigi (Impacting) akibat gigi bungsu

Impacting merupakan terhambatnya pertumbuhan gigi akibat tertimpa gigi lain. Impacting dapat menjadi salah satu penyebab sakit gigi. Gigi yang baru tumbuh seringkali tidak berada pada sudut atau posisi pertumbuhan yang tepat. Gigi baru mungkin tidak keluar sepenuhnya dari gusi atau bisa saja menekan gigi lain sehingga menyebabkan rasa sakit. Geraham bungsu seringkali tumbuh seperti ini sehingga memerlukan pencabutan gigi untuk menghilangkan rasa nyeri dan kerusakan pada gigi lain. Rasa sakit pada gigi yang tertekan akan terasa seperti area yang terus menerus tertekan sehingga mudah diidentifikasi sebagai penyebab permasalahan pada gigi.

Sinus dan Infeksi-infeksi Lain

Sakit gigi tidak selalu berasal dari gigi. Menurut situs mayoclinic.com, infeksi sinus atau sakit telinga dapat menyebabkan rasa sakit pada seluruh tengkorak kepala dan seringkali pula menyebabkan rasa sakit pada gigi. Rasa sakit seperti ini biasanya terasa di seluruh mulut walaupun bisa saja hanya terjadi pada area yang dekat dengan sumber infeksi. Selain rasa sakit, gejala-gejala sekunder dari sinusitis atau infeksi telinga- seperti penyumbatan atau penurunan daya dengar- dapat menjadi salah satu cara untuk mengidentifikasi sinusitis.

Referensi Artikel :