Sakit Gigi Geraham

The following two tabs change content below.

Muslim Amanah

Konsultan Kesehatan at Ahli Herbal
Penggiat herbal dan kesehatan. Pengelola ahliherbal.com, toko obat herbal alami tradisional.

Umumnya ada tiga gigi geraham pada tiap sudut susunan gigi manusia. Gigi geraham merupakan jenis gigi terbesar dan dapat memiliki tiga akar gigi atau lebih. Gigi geraham ketiga seringkali dicabut jika tidak terdapat cukup tempat tumbuh pada gusi. Gigi geraham berfungsi sebagai gigi pengunyah utama. Gigi geraham atas tumbuh berdekatan dengan maxillary sinus (sinus maksiler) sedangkan gigi geraham bawah berdekatan dengan kapiler darah utama atau jaringan saraf. Sakit gigi dapat bersumber dari dalam gigi, tulang di sekitarnya, ligamen (jaringan ikat), atau jaringan gusi.

Penyebab

Menurut American Dental Association salah satu penyebab sakit gigi yang utama adalah pembusukan yang mendekati atau memasuki pulpa gigi. Peradangan pada jaringan tersebut akan menyebabkan infeksi dengan rasa nyeri dan pembengkakan. Peradangan juga dapat disebabkan oleh restorasi gigi. Hal ini umum terjadi pada gigi geraham pertama karena tumbuh sangat awal pada masa anak-anak sehingga lebih rentan terhadap timbulnya lubang pada awal usia dewasa. Keretakan pada gigi juga dapat menyebabkan peradangan dan rasa nyeri pada pulpa gigi. Gigi geraham sering mengalami keretakan karena berfungsi sebagai pengunyah. Sinusitis atau infeksi pada rongga sinus dapat menyebabkan sakit gigi karena akar gigi geraham bagian atas berdekatan dengan rongga sinus. Rasa nyeri dari persendian temporomandibular yang berada di depan telinga atau nyeri pada otot jantung juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada gigi geraham dan rahang. Infeksi gusi yang disebabkan oleh penyakit periodontal dapat menyebabkan rasa nyeri pada gigi geraham dan pembengkakan pada jaringan lunak di sekitarnya.

Diagnosis

Menghilangkan nyeri gigi geraham tergantung pada diagnosis yang akurat. Dokter gigi akan mengambil foto sinar X (Rontgen gigi) dan memeriksa secara teliti area yang sakit. Uji diagnostik dapat disertai dengan menempatkan es atau sumber panas pada gigi untuk menentukan kondisi gigi. Gigi abses (bengkak dan bernanah) lebih rentan terhadap ketukan peralatan yang terbuat dari logam. Mengamati bagian luar gigi penting untuk mengetahui kesehatan pelekatan gusi pada gigi dan tulang. Deteksi sinus atau penyakit lain yang tidak berhubungan dengan gigi memerlukan rujukan pada dokter spesialis lain.

Pengobatan

Pengobatan untuk gigi yang abses adalah dengan membuang dental pulp yang menjadi penyebab rasa sakit. Penanganan terhadap akar gigi dan pencabutan gigi dapat dilakukan untuk mencapai tujuan ini. Menurut American Association of Endodontists, pengobatan akar gigi dapat menyembuhkan sebagian besar gigi abses. Rasa nyeri akibat infeksi gusi dapat disembuhkan dengan pembersihan periodontal pada area disekitarnya. Penyakit periodontal yang parah memerlukan pembedahan. Obat penghilang rasa nyeri atau antibiotik dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri dan pembengkakan yang parah pada gigi abses dan periodontal abses.

Komplikasi

Perawatan akar gigi dan periodontal tidak dapat menyembuhkan semua kasus sakit gigi geraham. Kerusakan gigi yang parah, tulang rapuh, dan patah memerlukan pencabutan gigi. Menurut American Academy of Family Physicians, infeksi pada gigi dapat menyebabkan selulitis serius yang mengganggu pernafasan.

Pencegahan

Pengecekan gigi rutin dan perawatan gigi yang baik akan menghambat sakit gigi geraham. Segera hubungi dokter gigi jika menemukan tanda-tanda rasa nyeri dan pembengkakan.

Referensi Artikel