Suplemen Biotin dan Jerawat

Jika Anda merasa dipermalukan oleh jerawat, Anda tidak sendirian. Menurut University of Illinois, sekitar 80 hingga 95% remaja mengalami jerawat. Jerawat juga dapat muncul pada orang dewasa. Jerawat timbul ketika tumpukan sel kulit yang mati dan bakteri menghambat pengeluaran minyak dari kelenjar minyak (sebaseus) di kulit. Biotin tidak berpotensi untuk mengakibatkan kemunculan jerawat, namun demikian terdapat beberapa nutrien yang dapat meningkatkan keparahan jerawat. Beberapa nutrien lain dapat digunakan untuk mencegah kemunculan jerawat. Konsultasikan terkebih dahulu dengan dokter (dokter kulit) sebelum menggunakan suplemen untuk mengobati jerawat.

Biotin

Biotin juga disebut sebagai vitamin B-7 atau vitamin H. vitamin ini tergolong sebagai vitamin yang larut dalam air dan penting untuk banyak proses biokimia. Biotin terutama penting untuk kesehatan kulit karena dapat meningkatkan produksi asam lemak yang menjadi nutrisi bagi kulit dan rambut, berperan dalam pembentukan sawar proteksi kulit dan menyediakan insulasi. Orang dewasa hendaknya mendapatkan asupan biotin yang cukup, sekitar 30 mikrogram per hari dalam makanannya. Makanan yang menjadi sumber biotin antara lain kuning telur, hati, ragi, ikan salmon, alpukat, kacang-kacangan, kacang tanah, bunga kol, serta roti gandum utuh, dan sereal.

Biotin dan Jerawat

Anda mungkin pernah mendengar cerita tentang timbulnya jerawat setelah seseorang mulai mengonsumsi suplemen biotin atau mungkin mengalami erupsi jerawat. Namun kajian ilmiah tidak menemukan adanya keterkaitan antara jerawat dengan biotin. Setiap orang dapat mengalami respon yang unik. Beberapa orang mungkin dapat mengalami reaksi terhadap penggunaan suatu suplemen atau suatu pengobatan, sedangkan orang lain tidak. Tanpa adanya bukti medis yang dapat digunakan untuk mengaitkan biotin dengan jerawat, sulit rasanya untuk memperkirakan bagaimana pengaruh suplemen atau obat tersebut terhadap diri Anda.

Pencegahan Jerawat

Jika Anda membutuhkan tambahan biotin, suplementasi biotin dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan biotin. Hal ini karena reaksi pada kulit biasanya terjadi akibat konsumsi suplemen. Jika Anda memang membutuhkan suplemen biotin, konsumsilah suplemen yang hanya mengandung biotin, tidak mengandung vitamin ataupun mikronutrien lainnya seperti iodin, vitamin B6 ataupun vitamin B12. Iodin dapat mengakibatkan jerawat atau memperburuk jerawat yang sudah muncul, sedangkan konsumsi dari vitamin B6 dan B12 dosis tinggi berkaitan dengan erupsi kulit yang mirip dengan jerawat. Jika Anda hanya mengonsumsi suplemen yang hanya mengandung biotin, Anda akan mudah menentukan apakah reaksi kulit yang terjadi adalah akibat biotin atau hal yang lain. Jika jerawat Anda bertambah parah dan Anda tidak memerlukan biotin untuk alasan medis, hentikan untuk sementara waktu konsumsi suplemen tersebut hingga jerawat Anda sembuh.

Pilihan Nutrisi

Konsumsi vitamin A dan E yang rendah berkaitan dengan kemunculan jerawat. Oleh karena itu, pastikan asupan makanan Anda mengandung kedua vitamin tersebut dalam jumlah yang cukup. Vitamin A diperlukan untuk perbaikan jaringan kulit sedangkan vitamin E diperlukan sebagai antioksidan. Salah satu artikel yang dipublikasikan dalam jurnal Dermatologi pada Januari 2011 menyoroti penggunaan zinc dengan dosis 30 mg selama 3 bulan yang mampu digunakan untuk penanganan peradangan jerawat. Anda hendaknya mendapatkan asupan vitamin A sebesar 3000 IU dalam sehari dari sumber makanan seperti sereal terfortifikasi, telur, produk olahan susu, sayuran berwarna hijau, merah atau kuning. Orang dewasa membutuhkan 15 mg vitamin E dalam sehari. Sumber-sumber vitamin E antara lain: biji minyak biji matahari, kanola, bunga nagasari. Konsumsi 8 hingga 11 mg zink perhari, serta konsumsi vitamin E secara rutin dari tiram, daging, daging unggas dan susu, kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah dapat menurunkan kemungkinan kemunculan jerawat.

Referensi

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangInformasi Seputar Jerawat
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangDapatkah Susu Kedelai Menyebabkan Jerawat?
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangJerawat Bertambah Karena Berolahraga
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangTahini Untuk Mengobati Jerawat
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »