Suplemen Makanan Penurun Asam Urat

Asam urat merupakan produk penguraian purin. Purin merupakan senyawa organik aromatik yang ditemukan pada beberapa jenis makanan dan minuman. Menurut Medline Medical Encyclopedia, sejumlah besar asam urat didalam tubuh terlarut di dalam darah dan dikeluarkan bersama dengan urin. Namun jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak mampu mengekskresikannya (mengeluarkannya), maka akan timbul kondisi yang disebut hiperurisemia. Jika Anda ingin mengetahui suplemen yang dapat membantu mengatasi permasalahan asam urat, konsultasikan ke dokter Anda.

Asam Urat Tinggi

Menurut situs mayoclinic.com, terdapat beberapa penyebab kadar asam urat yang tinggi di dalam darah antara lain faktor genetik, konsumsi makanan kaya purin, minuman beralkohol, kegemukan, penggunaan obat-obatan diuretik dan penekan sistem imun, atau menderita penyakit tertentu seperti limfoma Hodgkin’s, limfoma non-Hodgkin’s, disfungsi kelenjar tiroid dan psoriasis. Pada beberapa kasus, asam urat yang tinggi akan menyebabkan timbulnya batu ginjal, gagal ginjal, encok, dan kemungkinan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Suplemen Makanan Yang Menguntungkan

Beberapa suplemen makanan dapat berguna untuk menurunkan kadar asam urat darah, namun tidak semua suplemen makanan yang digunakan untuk tujuan ini didukung penelitian oleh yang mencukupi. Menurut Phyllis A. Balch, konsultan nutrisi dan penulis buku “Prescription for Nutritional Healing,” beberapa suplemen makanan yang mampu menurunkan kadar asam urat adalah vitamin C dengan bioflavonoid, asam amino bebas, kelp, alfalfa dan vitamin A dan E. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Namun perlu hati-hati dengan penggunaan vitamin C. Dosis vitamin C yang tinggi justru akan memudahkan pengendapan asam urat di dalam ginjal yang berujung pada pembentukan kristal urat di dalam ginjal.

Suplemen Makanan Menguntungkan Lainnya

Alfalfa merupakan salah satu suplemen nutrisi yang bermanfaat dalam menurunkan kadar asam urat darah. Menurut Dr. Sharol Tilgner, pakar naturopathic dan penulis buku “Herbal Medicine From the Heart of the Earth,” alfalfa mengandung banyak vitamin, mineral dan protein. Beberapa mineral ini bersama dengan kandungan nutrisi lain dalam alfalfa akan menurunkan kadar asam urat dalam darah. Phyllis A. Balch menyarankan dosis 2000 hingga 3000 mg alfalfa perhari. Diskusikan dengan dokter dosis pengobatan yang tepat untuk Anda.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan

Diskusikan dengan dokter penanganan yang paling tepat karena terdapat banyak penyebab kadar asam urat yang tinggi. Dokter dapat memberikan informasi mengenai pengobatan yang paling tepat dan efektif serta informasi mengenai efek samping yang berhubungan dengan pengobatan alami seperti penggunaan suplemen makanan ini. Tidak semua suplemen baik untuk tubuh Anda.

 Referensi Artikel

Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPenyakit Asam Urat : Pantangan dan Anjurannya bagi Penderita
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangPenyebab Asam Urat Tinggi
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangAsam Urat? Ini Pengobatannya!
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Nama BarangHindari Bahan Makanan yang Meningkatkan Resiko Penyakit Asam Urat
Harga Rp (hubungi cs)
Lihat Detail »